Pages

Subscribe:

Páginas vistas en total

Pengikut

Buscar

Selasa, 13 Maret 2012

Tips Aman Mengonsumsi Obat Herbal

Makin banyak efek samping penggunaan obat kimia secara jangka panjang membuat orang mulai beralih ke obat herbal. Bahan obat herbal sudah pasti tanaman atau bagian dari tanamaan yang digunakan sebagai pemberi aroma, untuk pengobatan atau meningkatkan kesehatan. Itulah sebabnya obat herbal sering disebut sebagai obat tradisional. Badan POM sendiri mendefinisikan obat tradisional sebagai bahan atau ramuan yang berupa tumbuhan, hewan, mineral atau campuran dari bahan-bahan tersebut, yang secara turun temurun telah dipergunakan untuk pengobatan.  Saat ini khasiat obat herbal memang telah banyak dibuktikan melalui penelitian. Namun demikian, penggunaan obat herbal tetap harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan dan menuruti aturan pakainya. Berikut ini adalah tips mengonsumsi obat herbal secara aman:
1. Periksa terlebih dahulu apakah obat herbal tersebut telah terdaftar di BPOM.
2. Jika Anda sedang dalam proses pengobatan, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar tidak terjadi interaksi antara obat herbal dengan obat-obatan kimia yang sedang Anda konsumsi.
3. Bagi perempuan hamil dan menyusui, pastikan di dalam kemasan tertera bahwa obat tersebut aman untuk dikonsumsi agar tidak berpengaruh pada bayi atau janin yang sedang dikandung.
4. Jika Anda akan menjalani operasi, beritahukan obat herbal yang sedang dikonsumsi saat ini kepada dokter. Pasalnya ada beberapa obat herbal yang dapat mepengaruhi proses anestesi atau menyebabkan terjadinya komplikasi seperti meningkatkan tekanan darah atau meningkatkan risiko terjadinya perdarahan.
5. Untuk anak di bawah 18 tahun perlu pengawasan khusus. Biasanya obat herbal tidak diuji kepada anak-anak (kecuali etrtera aman untuk anak-anak atau ada dosis untuk anak). Begitu pula untuk orang tua di atas 65 tahun, yang metabolismenya sudah mengalami penurunan, perlu diawasi penggunaannya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Sherlock ani Cursors at www.totallyfreecursors.com