Pages

Subscribe:

Páginas vistas en total

Pengikut

Buscar

Sabtu, 03 Maret 2012

5 tips agar pidato tidak menakutkan

1. Percaya diri dan antusias
Umumnya, seseorang diminta berbicara di hadapan audiens karena ia menguasai suatu subjek tertentu. Kenyataan itu seharusnya membuat Anda lebih percaya diri ketika diminta untuk mempresentasikan sesuatu. Anda seharusnya telah memiliki keyakinan terhadap kemampuan diri.
Selain itu, upayakan untuk tampil penuh antusiasme selama membawakan subjek tersebut. Audiens lebih senang mendengar dan terlibat dengan pembicara yang bersemangat dalam membawakan sesuatu.

2. Pokok pidato
Ketika berpidato di depan publik, Anda harus mengetahui terlebih dulu hal pokok yang ingin disampaikan. Jika audiens diminta meringkas pidato Anda dalam 30 detik, apa yang akan mereka katakan?

Cari tahu dengan persis apa yang Anda inginkan untuk diingat audiens. Gunakan poin itu sebagai titik awal untuk merangkai pidato.

3. Mengenal audiens
Cobalah mengenali audiens secara jelas sebelum merangkai pidato. Pendekatan yang Anda buat akan bervariasi ketika audiens adalah ahli di suatu bidang, mahasiswa, atau orang biasa yang tertarik tentang suatu subjek.

4. Bersikap fleksibel
Ketika berpidato, mungkin muncul faktor-faktor eksternal yang akan mengubah presentasi Anda. Misalnya, audiens yang gaduh atau perubahan tempat presentasi secara tiba-tiba. Jika Anda mengalami situasi ini, cobalah untuk tetap relaks dan santai. Beradaptasilah terhadap perubahan. Anda dan audiens bisa tetap mendapatkan pengalaman menarik tidak peduli hambatan apa yang terjadi.

5. Praktik
Hafalkan isi pidato sehingga Anda dapat mengingatnya dari memori. Tapi, pastikan untuk menyimpan catatan kecil untuk berjaga-jaga sekiranya Anda melupakan poin-poin kunci.
Cobalah mempraktikkan pidato Anda di hadapan seorang teman atau di depan cermin. Anda juga dapat merekam sesi latihan tersebut untuk menilai di mana letak kekurangan yang harus diperbaiki.
sumber

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Sherlock ani Cursors at www.totallyfreecursors.com